Dokumentasi Data Fokus dan Diagnosa Keperawatan

By: Arifuddin, S.Kep | Gomezz Mezz
Alumni STIKes Madani Yogyakarta angkatan 2010


   A.    Data fokus
Data subyektif
Data obyektif
v  Pasien mengatakan “badan lemas, dan kepala pusing”
v  Makan, mandi, berpakaian,mobilisasi dibantu orang lain. Eliminasi dan berpindah dibantu orang dan peralatan.
v  Pola istirahat tidur
Pasien mengatakan “saya tidur tidak nyenyak dan sering terbangun pada malam hari karena pencahayaan yang terlalu terang dan suasan yang tidak nyaman karena satu kamar dengan pasien lain, saya ingin segera pindah ke kelas 1 A”.
v  Pola nutrisi dan metabolik
Pasien mengatakan “saya jarang makan dan tidak nafsu makan, saya merasa mual setiap makanan yang diberikan dari rumah sakit saya hanya makan 1 sendok saja padahal saya terasa lapar, minumnya hanya 2 gelas/ harinya dan saya sekarang merasa kurus”.
v  Pola eliminasi
Pasien mengatakan “saya BAB 1 x sehari dengan menggunakan pispot karena tidak mampu berjalan & BAK dengan bantuan kateter.
v  Keadaan umum :
Pasien mengatakan lemas, dan bila kepala bergerak atau menoleh terasa pusing
v  Karakteristik nyeri
P     : ketika bergerak dan  di tekan
Q   : terasa seperti berputar-putar dan ditusuk-tusuk
R   : di sekitar kepala dan perut bagian bawah
S    : 8
T    : tidak menentu seringnya saat bergerak di tempat tidur

v  TD 140/90 mmHg
v  Nyeri tekan di kepala
v  Terdapat nyeri tekan pada tragus dan prosesus mastoideus yang menjalar ke kepala.
v  Ada nyeri tekan pada daerah abdomen pada kuadran bawah 3 & 4

v  Kekuatan otot


3
3
3
3



v  Pola nutrisi dan metabolik
A: TB 146, BB 35 kg, IMT = 16 (kurus)
B: gula darah sewaktu 358 mg/dl, HB 9,4, hematokrit 28,4 %.
C:badan tampak kurus, pasien tidak nafsu makan
D:sebelum masuk RS tidak menerapkan program diet, dan setelah masukRS makan sesuai yg di sediakan RS




B.     Analisa data
Symtom
Etiologi
Problem
DS :
Ø pasien mengatakan pusing ketika bergerak
P  : ketika bergerak dan  di tekan
Q   : terasa seperti berputar-putar dan ditusuk-tusuk
R   : di sekitar kepala dan perut bagian bawah
S    : 8
T    : tidak menentu seringnya saat bergerak di tempat tidur

DO:
Ø Nyeri tekan pada tragus dan prosesus mastoideus yang menjalar ke kepala. Abdomen pada kuadran kanan bawah kuadran 3 dan 4 dan pada daerah kepala
Ø TD 140/90 mmHg









Agen cedera (biologis)


Nyeri akut

DS :
Ø  Pasien mengatakan “saya jarang makan dan tidak nafsu makan, mual, setiap makanan yang diberikan dari rumah sakit saya hanya makan 3 sendok saja (nasi, timun, tomat, ayam)  padahal saya terasa lapar, minumnya hanya 2 gelas/ harinya dan saya sekarang merasa kurus”.
DO :
Ø  GDS : 358 mg/dl
Ø  Hb : 9,4 g/dl
Ø  konjungtiva agak pucat
Ø  Ada nyeri tekan pada daerah abdomen pada kuadran bawah 3 & 4
A: TB 146, BB 35 kg, IMT = 16 (kurus)
B: gula darah sewaktu 358 mg/dl, HB 9,4, hematokrit 28,4 %.
C:badan tampak kurus, pasien tidak nafsu makan
D:sebelum masuk RS tidak menerapkan program diet, dan setelah masukRS makan sesuai yg di sediakan RS


Intake nutrisi yang tidak adekuat (vertigo) dan faktor biologis (ketidakseimbangan pengaturan glukosa dalam darah)


Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh

DS :
Ø  Pasien mengatakan “saya tidur tidak nyenyak dan sering terbangun pada malam hari karena pencahayaan yang terlalu terang dan suasan yang tidak nyaman karena satu kamar dengan pasien lain, saya ingin segera pindah ke Melati 2




Gangguan (kurang privasi, pencahayaan)






Gangguan pola tidur













v  DS : Pasien mengatakan “badan lemas”

DO :
Ø  Makan, mandi, berpakaian,mobilisasi dibantu orang lain. Eliminasi dan berpindah dibantu orang dan peralatan.
Ø  Kekuatan otot
3
3
3
3
Kelemahan

Defisit Perawatan Diri



     C.    Diagnosa keperawatan dan prioritas masalah
1.      Nyeri akut b/d agen cedera biologis
2.      Ketidakseimbangan  nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b/d  Intake nutrisi yang tidak adekuat (vertigo) dan faktor biologis (ketidakseimbangan pengaturan glukosa dalam darah)
3.      Gangguan pola tidur b/d gangguan dari factor eksternal (kurang privasi, pencahayaan)
4.      Defisit perawatan diri b/d kelemahan


Trim's atas kunjungannya, semoga sedikit tulisan ini bermanfaat.... 

0 comments:

Post a Comment

 

Arifuddin, S.Kep Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger