Cerita Idul Adha Dan Foto - Foto Hewan Kurban 2012 Di Yogyakarta

Yogyakarta, Jum'at 26 Oktober 2012....

Gema suara takbir terdengar di berbagai sudut penjuru kota dan desa.. 


الله اكبر- الله اكبر- الله اكبر لااله الاالله والله اكبرالله اكبر ولله الحمد


 اللهُ اكبَر كَبيْرًا والحَمدُ للهِ كثِيرًا وَسُبحَانَ اللهِ بُكرَةً واَصِيلا, لااله اِلااللهُ ولانعْبدُ الاإيّاه, مُخلِصِينَ لَه الدّ يْن, وَلَو كَرِهَ الكَا فِرُون, وَلَو كرِهَ المُنَافِقوْن, وَلَوكرِهَ المُشْرِكوْن, لاالهَ اِلا اللهَ وَحدَه, صَدَق ُوَعْدَه, وَنَصَرَ عبْدَه, وَأعَزّجُندَهُ وَهَزَمَ الاحْزَابَ وَاحْدَه, لاالهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر, اللهُ اكبَرُ وَِللهِ الحَمْد

Begitulah suara gema takbir berkumandang pagi hari ini. Ketika mendengarkan suara gema takbir aku kembali merenung di mana tempat aku berada sekarang??? Yapp aku sekarang ada di Yogyakarta jauh dari keluarga aku yang kucintai.. Jujur sih sebenarnya aku sangat ingin pulang ke kampung halaman berkumpul ama keluarga, liat keponakan aku yang baru lahir 3 hari yang lalu, wahh gak kebayang pasti lucuuu anaknya kakak dan abang ipar (Asmawarni & Baskoro),  dan  kepengan makan lontong yang enak buatan Emak :) yahh tapi apa mau di kata dikarenakan sesuatu dan lain hal (yang paling utama karena ongkos yang mahal) membuat aku kembali berpikir 2 kali untuk pulang ke kampung halaman. Oh iyaaa adik ku yang di jakarta Amir juga tidak pulang, trus sepupu aku di sini Ayu dan Nisa juga gak pulang,, jangan nangis yaa Amir, Ayu dan Nisa... hohoooo

*Nb : Yang warnanya beda tinggal di "KLIK" maka akan langsung terhubung dengan FB YBS.. :)


Okee kita tinggalkan cerita sedih kita beralih ke cerita-cerita seru dan menarik.

Hari ini aku bersama teman-teman seperjuangan ku sholat Idul Adha di Islamic Centre Bin-Baz. Seperti biasa kami memilih tempat yang strategis untuk duduk. Singkat cerita setelah pulang dari sholat kami segera pulang ke Apartemen Poetra untuk bersiap-siap ganti pakaian untuk segera meluncur ke lokasi pemotongan hewan kurban (TK Islamic Centre Bin-Baz). Waaaahhhh ternyata ada ratusan orang yang hadir di lokasi tempat penyembelihan, Dombanya berjumlah lebih dari 100 yang mau di sembelih, Sapinya juga lebih dari 10 ekor. Kayaknya tadi sempat aku lihat donatur hewan kuban ada yang berasal dari negri jiran Malaysia dan Singapura...

Ketika para eksekutor memulai kegiatan ini, aku segera beraksi cari posisi untuk mendokumentasikan moment ini lewat foto-foto.. Maklum kata teman-teman aku ada bakat jadi fotografer =D


Jepretan  pertama dimulai dari perjuangan oarang-orang yang berusaha merebahkan sapi pada tempat pengeksekusian. yookk kita lihat!

Hati-hati om, pegang yang kuat ntar sapinya ngamuk



Jepretan ke-2 beralih pada lokasi sebelahnya yang juga bersiap-siap untuk melakukan eksekusi penyembelihan...

Mimik wajah para bapak-bapak yang megang sapi:)



Jepretan yang ke-3 dan ke-4 ini diambil ketika setelah penyembelihan, kameranya aku gunakan untuk pendokmentasian peroses penyembelihan dengan video yang berdurasi sekitar 12 menit.


Bersimbah darah segarrr rekk!


Foto yang ke-5 ini menggambarkan suasana proses pemindahan sapi yang berat..
Ayoo Syeikh Aim, Ustadz2 Dkk,, semangat semangat semangat =D


Kemudian jepretan ke-6 s/d ke-9 di ambil pada saat moment proses mengelupasi kulit sapi dari dagingnya..

Sseerrrrr. . .  Darah segar mengalir...
Semangat Om,, ntar kita nyate bareng Om hehee
Proses melepas kulit sapi
Pemotongan daging sapi... Asssiiik


Waaahh capek juga mencari posisi ama sudut yang pas untuk jepret, maklum penonton nya ruuaaame rekk!
Selanjutnya beralih ke foto yang ke-10 dimana terdapat 4 domba yang sudah di sembelih dan siap untuk di kuliti... 
Darah segar domba.. ayoo hajar gan!


Foto ke-11 s/d 14 menggambarkan proses melepaskan kulit Domba... Oh iyaa tau nggak?? di sini baunya "Amis, Apekk" oeeii hahahahaa. Jadi terpaksa leher baju aku naikan ke atas untuk menutupi hidungku dari bau yang tak sedap... Di lokasi ini ada Azzam, Putra, Ujang, Alex Dll

*Nb : Yang warnanya beda tinggal di "KLIK" maka akan langsung terhubung dengan FB YBS.. :)


Mas, Pisaunya di pegang, bukannya di gigit,,, minta tolong ama Raihan tuh megangin pisaunya...

Azzam, Putra, Humaidi dan akh... (yg pakai kaca mata gak Kenal) hehehee

Hei Azzam & Putra  1 2 3.. Smile... :) Jeprett!





Nahhh pada jepretan yang ke 15 & 16 ini momentnya lucu banget sodara-sodara hahahahaa. Ada anak nunggangin kepala sapi,, dengann gaya pembalap ooeeeyy! Ngeeeng ngeeeengg

Okkeee tarik terus gas nya...! hahahaassiiikk



Foto 17 s/d 20 isinya mengenai anak-anak yang antusias dengan moment penyembelihan ini. Yaaaa hanya sekedar untuk mengabadikan saja, aku suruh mereka berakting di depan kamera... Hhhaaaa

Puluhan Domba dan 3 anak lelaki yang bermain....

Ngasi makan Sapi...

9! Gw suka gaya loe!

Ceria....

Nihhh foto yang ke-21, ada teman yang bilang gini: Bg foto ini tidak lulus sensor nihhh, hahahaha tapi never mind pas banget momentnya bg. Hahahahaa

Mau tau foto apa???
Ini foto Domba lagi kawin sodara-sodaraaaaa wkwkwkwkwk!


Mumpung Sebelum di sembelih ... Hahahahahasssseeemmmm!! Wkwkwkwk

Jadi aku sempat kepikiran mungkin ni domba sudah tau kalau mereka mau di sembelih, jadi sebelum di sembelih yaaa apa salahnya melakukan untuk yang terakhir kalinya... =D

Nahh foto yang agak rada tidak lulus sensor ini adalah foto terakhir.
Hwadeeeehhh capek nihh, kalau mau nungguin selesai penyembelihan bisa ampe sore atau besok. Sapi ama Domba nya masih banyak sekali sodara-sodaraaaaa..... Truss mata aku juga ngantuk berat nihh, tadi malam tidurnya hanya 3 jam-an.. 

Oh iya sebelum aku tutup aku mau ngaucapin :
  1. " SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1433 H "
  2. SELAMAT MENIKMATI DAGING SAPI DAN DOMBA

Oke cukup sekian dulu cerita pengalaman hari ini..
 & To be continued ...... 


By: Arifuddin, S.Kep
Alumni STIKes Madani Yogyakarta angkatan 2010

3 comments:

Nabilla Dream said...

Menyeramkan, lucu & menarik..
kereen.

Anonymous said...

hahaha cukup menghibur gan.. keren

Unknown said...


alhamdulillah terimakasih atas informasi mengenai kurban

Post a Comment

 

Arifuddin, S.Kep Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger